TATA NILAI DAN BUDAYA KERJA

TATA NILAI DAN BUDAYA KERJA

TATA NILAI PUSKESMAS KAWEDANAN adalah BerAKHLAK merupakan akronim dari berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif. Adapun nilai-nilai BerAKHLAK adalah:

1.Berorientasi Pelayanan

Komitmen memberikan pelayanan prima demi kepuasan masyarakat, dengan panduan perilakunya adalah :.

a. Memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

b. Ramah, cekatan, solutif, dan dapat diandalkan.

c. Melakukan perbaikan tiada henti.

2. Akuntabel

Bertanggungjawab atas kepercayaan yang diberikan, dengan panduan perilakunya adalah :

a. Melaksanakan tugas dengan jujur, bertanggung jawab, cermat, serta disiplin dan berintegritas tinggi.

b. Menggunakan kekayaan dan barang milik negara secara bertanggung jawab, efektif dan efisien.

c. Tidak menyalahgunakan kewenangan jabatan.

3. Kompeten

Terus belajar dan mengembangkan kapabilitas, dengan panduan perilakunya adalah:

a. Meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah.

b. Membantu orang lain belajar.

c. Melaksanakan tugas dengan kualitas terbaik.

4. Harmonis

Saling peduli dan menghargai perbedaan, dengan panduan perilakunya adalah :

a. Menghargai setiap orang apapun latar belakangnya.

b. Suka menolong orang lain.

c. Membangun lingkungan kerja yang kondusif.

5. Loyal

Berdedikasi dan mengutamakan kepentingan bangsa dan Negara, dengan panduan perilakunya adalah :

a. Memegang teguh ideologi Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

b. Mengikuti upacara Setia kepada NKRI serta pemerintahan yang sah.

c. Menjaga nama baik sesama ASN, pimpinan, instansi dan negara, serta menjaga rahasia jabatan dan negara.

6. Adaptif

Terus berinovasi dan antusias dalam menggerakan serta menghadapi perubahan, dengan Panduan Perilakunya adalah :

a. Cepat menyesuaikan diri menghadapi perubahan.

b. Terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas.

c. Bertindak proaktif.

7. Kolaboratif

Membangun Kerjasama yang sinergis, dengan panduan perilakunya adalah

a. Memberi kesempatan kepada berbagai pihak untuk berkontribusi.

b. Terbuka dalam bekerja sama untuk menghasilkan nilai tambah.

c. Menggerakkan pemanfaatan berbagai sumber daya untuk tujuan bersama

BUDAYA KERJA PUSKESMAS KAWEDANAN “BERSINAR” antara lain :

a. Berkualitas : Bekerja dengan kualitas terbaik sesuai standar dan prosedur yang berlaku. Diukur dengan capaian PKP, SPM dan Penghargaan

b. Sigap : Disiplin, datang dan pulang tepat waktu. Diukur dengan presensi kehadiran dan pelaporan tepat waktu serta respon time dari pelayanan sesuai standar pelayanan publik

c. Amanah : Bekerja sesuai aturan, tidak korupsi dan tidak menerima gratifikasi. Diukur dengan tidak ada temuan penyalahgunaan kewenangan, anggaran, obat dan barang milik negara, serta evaluasi kesesuaian uraian tugas

d. Ramah : bekerja dengan ramah, menghormati dan menghargai hak orang lain saat bekerja. Diukur dengan kepuasaan pasien/pelanggan, tidak ada aduan dari teman kerja